IDENTIFIKASI JENIS DAN MORFOMETRI KELELAWAR DI GUA LIANG PETANG DESA BATU TERING KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR

ARDILES, ARDILES (2020) IDENTIFIKASI JENIS DAN MORFOMETRI KELELAWAR DI GUA LIANG PETANG DESA BATU TERING KECAMATAN MOYO HULU KABUPATEN SUMBAWA BESAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kelelawar merupakan jenis mamalia kecil yang berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Data keberadaan kelelawar di Indonesia khususnya di Pulau Sumbawa masih terbatas dan Gua Liang Petang merupakan salah satu gua yang ada di desa Batu Tereng kecamatan Moyo Hulu kabupaten Sumbawa Besar yang teridentifikasi sebagai habitat kelelawar akan tetapi potensi kelelawar yang berada di gua Liang Petang masih belum diketahui dengan jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keanekaragaman jenis kelelawar dan morfometri di Gua Liang Petang desa Batu Tering kecamatan Moyo Hulu kabupaten Sumbawa Besar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Desember 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu trapping. Metode trapping merupakan metode penangkapan kelelawar menggunakan jaring kabut atau mist net yang diletakan di mulut gua (Prasetyo et al., 2011). Hasil penelitian diketahui terdapat 3 jenis kelelawar di Gua Liang Petang Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa Besar yaitu kelelawar Rhinolophus affinis, Miniopterus australis, Hipposideros larvatus. Ketiga kelelawar tersebut tergolong kedalam satu subordo dan tiga family. pengukuran morfometri, kelelawar Rhinolophus affinis memiliki rata-rata Berat badan 22,12 gr, Panjang badan 5,24 cm, Panjang lengan bawah sayap 5,05cm, Panjang telinga 1,70 cm, Panjang ekor 1.98 cm, Panjang kaki 1.41 cm. Kelelawar Miniopterus australis memiliki rata-rata Berat badan 10,48 gr, Panjang badan 4,57 cm, Paanjang lengan bawah sayap 4,97 cm, Panjang telinga 0,98 cm, Panjang ekor 4,08 cm, Panjang kaki 0,79 cm. Kelelawar Hipposideros larvatuss memiliki rata-rata berat badan 19.01 gr, Panjang badan 4,42 cm, Panjang lengan bawah sayap 5,09 cm, Panjang telinga 1,53 cm, Panjang ekor 2,28 cm, Panjang kaki 0,79 cm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kelelawar (Chiroptera), Jenis, Morfometri.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:09
Last Modified: 26 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item