PERAN MEDIA FLASH CARDS UNTUKPENGENALAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AISHA MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017

ULIMAH, PUTRI (2018) PERAN MEDIA FLASH CARDS UNTUKPENGENALAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AISHA MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, upt. perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI SIAP BURNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran bahasa Inggris yang belum dikembangkan secara maksimal, sehingga anak-anak masih belum mengenal bahasa Inggris di PAUD Aisha Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peran dari media flash cards untuk pengenalan kemampuan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di PAUD Aisha Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran media flash cards untuk pengenalan kemampuan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahundi PAUD Aisha Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian di lakukan dengan menggunakan pendekatan experiment, dan dengan metode penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik berusia 5-6 tahun di PAUD Aisha Mataram. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan yaitu sampling jenuh, denganmenjadikan seluruh populasi sebagai sampel sehinggadiperolehsebanyak 12 peserta didik. Tehnik pengumpulan data diperoleh dengan instrumen berpedoman observasi. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test dengan menggunakan tabel penolong jenjang serta uji hipotesis dengan membandingkan harga t hitung dengan t tabel Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah data pre-test yang terkumpulkan memperoleh skor rata-rata 31,17 setelah diberikan perlakuan data post-test yang diperoleh menjadi 45,67. Hasil uji hipotesis menujukkan harga thitung = 0,0 sedangkan ttabel dengan N=12 pada taraf signifikansi 5% (0,05) sebesar 14 sehingga thitung<ttabel (0,0 <14), Ho di tolak. Dapat di simpulkan, terdapat peran dari media flash cards untuk pengenalan kemampuan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di PAUD Aisha Mataram tahun ajaran 2016/2017Saran dari penelitian ini, salah satu cara untuk mengoptimalkan kemampuan bahasa Inggris anak dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan jenis media yang digunakan dalam pemebelajaran, agar minat anak untuk mempelajari bahasa Inggris semkin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press Candiasa, Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka Einon, Dorothy. 2006. Learning Early. Jakarta Timur : Dian Rakyat Ellywati, Cucu. 2008. Media dan Simber Belajar TK. Jakarta : Universitas Terbuka Habibi, Muazar. 2015. Kreativitas dan Pengembangannya. Yogyakarta : Deepbublish Hasan, Maemunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta : DIVA Press. Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta : DIVA Press. Jurnal Ilmiah PG- PAUD Wardani, Komang Yuli Trisna, dkk. 2014. Penerapan Metode Bilinguan Berbantuan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok B2 di TK Saiwa Dharma Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha : Singaraja. Lestari, Ikmala Yunita. 2012. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui MediaKartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:02
Last Modified: 31 Mar 2018 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1863

Actions (login required)

View Item View Item