ANALISIS PERAN DAN FUNGSI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM MENJALANKAN AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PEMERINTAH KOTA MATARAM

Dina, Faria Lestari (2020) ANALISIS PERAN DAN FUNGSI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM MENJALANKAN AKTIVITAS MEDIA RELATIONS PEMERINTAH KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DINA FARIA LESTARI-L1B016023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran dan fungsi dan juga kendala yang dihadapi Diskominfo Kota Mataram dalam menjalankan kegiatan media relations. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi dan juga wawancara secara mendalam dengan para narasumber yang pernah dan sedang melaksanakan kegiatan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan aktivitas media relations Diskominfo Kota Mataram menjalankan perannya sebagai penyedia informasi resmi Pemkot Mataram kepada media, fasilitator komunikasi bagi media dan juga publik, fasilitator memecahkan masalah (baik dengan media maupun publik) dan menjalankan fungsinya dengan menjaga komunikasi yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat, melayani kepentingan publik dengan baik, serta menjaga citra pemerintah. Kendala yang dihadapi Diskominfo kota mataram berupa rotasi penugasan awak media yang tidak menentu dan anggaran yang tidak memadai sehingga belum menjangkau keseluruhan program yg diinginkan. Saran penulis dalam penelitian ini ialah melaksanakan pelatihan dalam bidang kehumasan (public speaking) dan jurnalistik terutama dalam bidang fotografi serta meningkatkan kerja sama dengan media elektronik, cetak maupun online agar penyebaran informasi dapat lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : media relations, peran, fungsi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 01:35
Last Modified: 30 Nov 2020 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18661

Actions (login required)

View Item View Item