ANALISIS PROFITABILITAS AGROINDUSTRI PANGAN OLAHAN BERBASIS JAGUNG DI KOTA MATARAM

Lalu, Maman Arrahman (2020) ANALISIS PROFITABILITAS AGROINDUSTRI PANGAN OLAHAN BERBASIS JAGUNG DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANALISIS PROFITABILITAS AGROINDUSTRI PANGAN OLAHAN BERBASIS JAGUNG DI KOTA MATARAM (Studi Kasus pada UKM Zatu R Rizka)_2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) Mengetahui keuntungan UKM Zatu R Rizka dari usaha agroindustri berbasis jagung; (2) Menganalisis profitabilitas UKM Zatu R Rizka dari usaha agroindustri berbasis jagung; (3) Mengetahui hambatan UKM Zatu R Rizka dalam mengelola usaha agroindustri berbasis jagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Unit analsis yaitu pada UKM Zatu R Rizka. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sanpling. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis keuntungan dan analisis profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keuntungan yang diperoleh UKM Zatu R Rizka dari usaha agroindustri berbasis jagung adalah Rp. 353.620 per proses produksi atau Rp. 4.243.440 perbulan, (2) Nilai profitabilitas UKM Zatu R Rizka yaitu sebesar 54,71 % > suku bunga bank (6%) dan R/C sebesar 1,55 > 1. Agroindustri berbasis jagung pada UKM Zatu R Rizka dinilai menguntungkan dan layak untuk diusahakan dilihat dari nilai profitabilitas maupun R/C, (3) Hambatan yang dihadapi oleh agroindustri berbasis jagung di UKM Zatu R Rizka yaitu kurang terampilnya tenaga kerja dan kualitas bahan baku yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Agroindustri, Keuntungan, Profitabilitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:32
Last Modified: 30 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/18736

Actions (login required)

View Item View Item