AGUSTINA, AGUSTINA (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMPN 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, upt. perpustakaan.
Text
SKRIPSI_AGUSTINA (E1R112003).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 3 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi lingkaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 7,66 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 9,97 dengan kategori cukup aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 12,98 dan pertemuan 2 adalah 13,31 dengan ketegori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 73,90 dan 79,37 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 71,87% dan 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, dan model Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2018 00:45 |
Last Modified: | 04 Apr 2018 00:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1875 |
Actions (login required)
View Item |