PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMPN 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AGUSTINA, AGUSTINA (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMPN 3 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, upt. perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI_AGUSTINA (E1R112003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 3 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran matematika materi lingkaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 7,66 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 9,97 dengan kategori cukup aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 12,98 dan pertemuan 2 adalah 13,31 dengan ketegori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 73,90 dan 79,37 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 71,87% dan 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-D SMPN 3 Lingsar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, dan model Discovery Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Apr 2018 00:45
Last Modified: 04 Apr 2018 00:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item