PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATERI POLA BILANGAN, BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DEWI, WINDHU SARI (2018) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATERI POLA BILANGAN, BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, upt. perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI FIX-min.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX-2 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran materi pola bilangan, barisan, dan deret melalui penerapan model Kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 30 siswa, yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan skor aktivitas pada siswa siklus I yakni sebesar 8,66 (cukup) dan 11,98 (tinggi) dan pada siklus II yakni sebesar13,32 (tinggi) dan 13,98 (sangat tinggi). Sementara rata-rata hasil evaluasi yakni 77,79 (siklus I) dan 86,27 (siklus II) dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus sebesar 62 % dan 90 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran materi pola bilangan, barisan, dan deret dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX-2 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 206/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model Kooperatif tipe TGT, aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:38
Last Modified: 03 Apr 2018 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item