PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017 SKRIPSI

ULFAH, MIRATHUL (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK SISTEM KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 4 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017 SKRIPSI. S1 thesis, UPT Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI ULFA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan teka-teki silang terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid pada siswa kelas XI IPA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Mataram, sementara sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 dengan tehnik Purposive Sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan menggunakan media teka-teki silang, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa (dalam ranah kognitif). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar pada materi pokok sistem koloid berupa tes pilihan ganda (multiple choice test). Uji instrumen berupa uji validitas butir soal menggunakan rumus korelasi biserial dan uji reliabilitas menggunakan K-R.20, sedangkan uji validitas ahli menggunakan rumus Aiken’s V. Analisis data menggunakan uji statistik gain uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Group Investigation dengan menggunakan media teka-teki silang berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi (84,6) dari kelas kontrol (75). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan gain uji-t diperoleh thitung (5,17) > ttabel (1,67) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan menggunakan media teka-teki silang berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kimia materi pokok sistem koloid siswa kelas XI IPA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Sistem Koloid, Investigasi Kelompok, Media Teka-Teki Silang
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:36
Last Modified: 03 Apr 2018 06:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item View Item