THE RELEVANCE OF ENGLISH MATERIALS IN STUDENTS TEXTBOOK ENTITLED WHEN ENGLISH RINGS A [sic!] BELL FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL TO THE CURRICULUM 2013

ARDIANI, DESI ATMI (2018) THE RELEVANCE OF ENGLISH MATERIALS IN STUDENTS TEXTBOOK ENTITLED WHEN ENGLISH RINGS A [sic!] BELL FOR THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL TO THE CURRICULUM 2013. S1 thesis, upt. perpustakaan.

[img] Text
A THESIS_DESI ATMI ARDIANI (E1D 013 012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesesuaian materi yang terdapat pada buku teks siswa berjudul When English Rings a [sic!] Bell untuk siswa kelas delapan yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Budaya dengan kurikulum 2013 untuk aspek kognitif dan psikomotor. Penulis juga menggunakan peraturan Menteri Pendidikan dan Budaya Indonesia Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar khususnya Kompetensi Dasar 3 dan 4 Bahasa Inggris untuk siswa SMP kelas delapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan checklist sebagai instrument penelitian untuk memperoleh data. Hasil penemuan pada buku teks ini adalah buku teks berjudul When English Rings a [sic!] Bell untuk siswa kelas delapan ini hanya menampilkan 74% materi yang sesuai dengan PERMENDIKBUD Nomor 24 tahun 2016 untuk kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk aspek kognitif, sehingga buku teks tersebut dikategorikan sebagai buku yang relevan. Sementara untuk aspek psikomotor, buku teks tersebut hanya mencangkup 75% materi yang sesuai dengan PERMENDIKBUD No 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar bahasa inggris untuk siswa SMP kelas delapan sehingga buku teks tersebut dikategorikan sebagi buku yang relevan. Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan untuk memodifikasi materi-materi pada buku tersebut yang tidak sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu, untuk penelitian berikutnya disarankan untuk memberikan contoh dari materi yang relevan pada buku pada penjelasan, sehingga membuat penelitian tersebut lebih terpecaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): buku teks, kurikulum, kesesuaian, kognitif, psikomotor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Apr 2018 06:33
Last Modified: 03 Apr 2018 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item