PENGARUH PENGGUNAAN PASTA SERAI (Cymbopogon citratus) TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK SERTA KUALITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TELUR ASIN

EMI, SUTRIANI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PASTA SERAI (Cymbopogon citratus) TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK SERTA KUALITAS EKSTERNAL DAN INTERNAL TELUR ASIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMI SUTRIANI (B1D016075).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan pasta serai dengan konsentrasi 0% sebagai kontrol, 25% , 33,3%, dan 40% terhadap nilai organoleptik serta kualitas eksternal dan internal telur asin. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020 bertempat di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 butir telur itik yang dibagi menjadi 20 butir untuk kualitas eksternal, internal dan 12 butir untuk nilai organoleptik. Eksperimen dirancang berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan untuk parameter eksternal, internal telur asin dan 4 perlakuan 3 ulangan untuk nilai organoleptik. Data dari hasil performa produksi dianalisis berdasarkan analisis variasi menggunakan ANOVA dengan uji berjarak Duncan. Hasil penelitian menunjukan penambahan pasta serai (Cymbopogon citratus) dengan konsentrasi yang berbeda tidak berpengaruh nyata P< 0.05 terhadap kualitas eksternal dan nilai organoleptik telur asin, akan tetapi berpengaruh nyata terhadap kualitas internal telur asin (diameter albumen, diameter rongga udara, diameter yolk dan indeks yolk).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pasta serai, kualitas eksternal internal, nilai organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:58
Last Modified: 07 Dec 2020 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19803

Actions (login required)

View Item View Item