OPTIMASI SINTESIS ALKILETANOLAMIDA MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY DENGAN MINYAK INTI BUAH KETAPANG DAN ETANOLAMINA SEBAGAI SUBSTRAT

LILIK, INDRIANI (2020) OPTIMASI SINTESIS ALKILETANOLAMIDA MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHODOLOGY DENGAN MINYAK INTI BUAH KETAPANG DAN ETANOLAMINA SEBAGAI SUBSTRAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_LILIK INDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Surfaktan merupakan salah satu bahan kimia yang banyak digunakan dalam bidang industri, salah satunya yaitu alkiletanolamida. Secara umum, alkiletanolamida berasal dari bahan baku yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, akan tetapi terdapat pula alkiletanolamida yang berbasis tumbuhan. Alkiletanolamida yang berbasis tumbuhan biasanya berasal dari minyak nabati seperti minyak kelapa dan minyak jagung. Oleh karena itu, untuk mengurangi ketergantungan pada minyak nabati bahan pangan, pada penelitian ini digunakan minyak nabati non pangan, yaitu minyak inti buah ketapang (Terminalia catappa L.). Penelitian sebelumnya, alkiletanolamida sudah disintesis secara enzimatis menggunakan Lipozyme TL IM sebagai katalis dan mendapatkan persen hasil sebesar 60,07 %. Metode optimasi yang digunakan adalah one variable at time, suatu metode dimana satu variabel divariasikan sedangkan variabel yang lain dibuat konstan. Kelemahan dari metode ini adalah tidak terlihatnya interaksi antar variabel dan persen hasil yang didapatkan relatif rendah. Berdasarkan pada kelemahan metode sebelumnya maka diperlukan metode yang lebih efektif untuk sintesis alkiletanolamida, salah satunya yaitu menggunakan Response Surface Methodology (RSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil reaksi dengan mengamati berbagai kondisi yang dipengaruhi oleh beberapa variabel yaitu waktu reaksi, suhu reaksi, molar rasio substrat (etanolamina) dan jumlah enzim. Perangkat lunak Desain Expert v.7 digunakan untuk melihat interaksi antar variabel melalui RSM yang dapat mempengaruhi kondisi optimum sintesis yang diperoleh. Model yang disarankan untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah model quadratic dengan nilai p-value 0,0048; lack of fit dengan nilai p- value 0,3827 dan nilai R-squared sebesar 0,7953. Kondisi optimum yang dihasilkan oleh metode ini yaitu pada waktu reaksi 1,50 jam, suhu reaksi 38,10 °C, konsentrasi substrat (etanolamina) 20,52 mmol dan jumlah enzim 0,16 g dengan persen hasil alkiletanolamida prediksi dan aktual secara berturut-turut sebesar 60,02 dan 64,00 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Alkiletanolamida, RSM, Minyak Ketapang, Design Expert v.7, Lipozyme TL IM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:58
Last Modified: 07 Dec 2020 02:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item