POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK PADA KASUS PERNIKAHAN DINI DI DESA LENDANG ARA, KECAMATAN KOPANG, LOMBOK TENGAH

Trisna, Muliantari (2020) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK PADA KASUS PERNIKAHAN DINI DI DESA LENDANG ARA, KECAMATAN KOPANG, LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRISNA MULIANTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena pernikahan dini memang masih kerap dijumpai di Desa Lendang Ara. Banyak faktor internal maupun eksternal yang menjadi penyebabnya, sehingga pola komunikasi interpersonal dalam keluarga yang terjalin antara orang tua dengan anak merupakan salah satu faktor penting dalam langkah- langkah pencegahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anaknya pada kasus penikahan dini yang terjadi di Desa Lendang Ara, Kecamatan Kopang. Lombok Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori keterbukaan diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Lendang Ara, Kepala Dusun Serumbung, 5 orang tua (salah satu dari mereka, bisa bapak atau ibunya) yang memiliki kedekatan dominan secara emosional dengan anaknya, beserta dengan 5 orang anaknya yang melakukan pernikahan dini. Pemilihan sampel penelitian tersebut dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan metode trustworthiness. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kasus pernikahan dini yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal. Adapun faktor-faktor penyebabnya ialah keterbukaan diri antara anak dengan orang tua yang cenderung masih kurang mendalam, tidak terjalinnya komunikasi interpersonal yang baik dan berkesinambungan di antara mereka. Adapun pola komunikasi yang terjalin di antara kedua belah pihak ialah pola komunikasi permisif/membebaskan yang menyebabkan anak merasa bebas dalam melakukan segala hal tanpa memikirkan dampaknya di kemudian hari. Penyebab terjadinya hal tersebut karena kurangnya pengawasan yang baik serta batasan-batasan tertentu dari pihak orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pernikahan Dini, Keterbukaan Diri, dan Pola Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:08
Last Modified: 08 Dec 2020 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item