PERSEPSI EKONOMI WISATAWAN TERHADAP OBJEK AGROWISATA NARMADA BOTANIC GARDEN DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nurkasmawati, Nurkasmawati (2020) PERSEPSI EKONOMI WISATAWAN TERHADAP OBJEK AGROWISATA NARMADA BOTANIC GARDEN DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pulau Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, diantaranya adalah kawasan Agrowisata Narmada Botanic Garden yang mana merupakann salah satu destinasi wisata yang sangat diminati di Pulau Lombok yang terkenal akan keindahannya. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu perhitungan Nilai Ekonomi (biaya) yang dikeluarkan dan tingkat Persepsi dan Kepuasan wisatawan pada saat melakukan kunjungan ke objek Agrowisata Narmada Botanic Garden tersebut, guna mengetahui seberapa besar nilai ekonomi (biaya) yang dikeluarkan dan persepsi serta tingkat kepuasan wisatawan pada saat melakukan kunjungan wisata. Dalam pengambilan data primer yang berupa survei di lapangan akan diambil 34 data sampel TCM (Travel Cost Method), sedangkan untuk mengetahui tingkat persepsi dan kepuasan Metode pengolahan data yang digunakan adalah metode CSI (Customer Satisfaction Index) dengan pengukuran skala likert. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah total biaya perjalanan yang dikeluarkan 43 responden per sekali kunjungan yaitu sebesar Rp.2.606.000 dengan jumlah pengeluaran rata-rata/individu sebanyak Rp. 60.604/ orang dalam satu kali kunjungan. Untuk persepsi wisatawan dapat dijelaskan secara umum rata-rata hasil perhitungan yang diperoleh yaitu berkategori tinggi dengan skala 68,3%-85,5%, yang artinya responden memberikan persepsi yang baik terhadap kondisi 5 (lima) variabel yang ada di Narmada Botanic Garden. sedangkan untuk tingkat kepuasan secara umum rata-rata perhitungan dengan rentang skala berada diantara 68%- 91%, yang artinya secara umum rata-rata responden wisatawan merasa puas terhadap kondisi Agrowisata Narmada Botanic Garden.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Nilai Ekonomi (biaya) Total, Narmada Botanic Garde, Travel Cost Method, Customer Satisfaction Index.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 02:41
Last Modified: 10 Dec 2020 02:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19889

Actions (login required)

View Item View Item