PENGARUH KADAR EKSTRAK SIRIH HIJAU (Pipper betle) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Rhizoctonia solani, PENYEBAB REBAH KECAMBAH PADA TANAMAN TOMAT

Tina, Fitriana (2020) PENGARUH KADAR EKSTRAK SIRIH HIJAU (Pipper betle) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Rhizoctonia solani, PENYEBAB REBAH KECAMBAH PADA TANAMAN TOMAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TINA FITRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)

Abstract

Sirih hijau merupakan salah satu tanaman obat yang mengandung senyawa anti jamur. Percobaan in-vitro dan in-vivo di laboratorium dan rumah kaca telah dilakukan secara berurutan untuk membuktikan sifat fungisidal dari ekstrak tanaman tersebut terhadap jamur patogenik Rhizoctonia solani, penyebab rebah kecambah pada tanaman tomat. Percobaan in-vitro berdasarkan teknik peracunan media tumbuh secara aseptis dilakukan untuk menguji respon pertumbuhan jamur terhadap kadar pemberian ekstrak daun sirih hijau, yang terdiri atas kadar 0 (kontrol), 10, 20, 30, 40 dan 50%. Selanjutnya, percobaan in-vivo untuk menguji efektivitas ekstrak sirih hijau dalam menghambat insiden penyakit rebah kecambah pada 2 varietas tomat (Tinatoon dan Palupi), dilakukan dengan cara sebelum tanam biji kedua varietas direndam masing-masing dalam larutan ekstrak daun sirih hijau dengan kadar 0 (kontrol) dan 50%. Hasil percobaan menunjukkan bahwa pertumbuhan in-vitro jamur menurun dengan meningkatnya kadar pemberian ekstrak sirih hijau. Pada kadar 50%, ukuran diameter koloni jamur berkurang sebesar 60,8%. Sementara itu, pada uji in-vivo, aplikasi ekstrak sirih hijau dengan kadar 50% dapat mengurangi insiden rebah kecambah sebesar 80,6 dan 57,5% masing-masing untuk varietas Tinatoon dan varietas Palupi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: tomat, sirih hijau, Rhizoctonia solani, rebah kecambah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:24
Last Modified: 10 Dec 2020 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item View Item