KETEPATAN PILIHAN KATA DALAM CAMPUR KODE PADA ANAK USIA DINI HASIL PERKAWINAN ENDOGAMI DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN ANGGOTA KELUARGA DAN TEMAN SEJAWAT

ERNI, SUBRIANI (2020) KETEPATAN PILIHAN KATA DALAM CAMPUR KODE PADA ANAK USIA DINI HASIL PERKAWINAN ENDOGAMI DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN ANGGOTA KELUARGA DAN TEMAN SEJAWAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS ERNI SUBRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan pilihan kata dalam campur kode anak usia dini hasil perkawinan endogami dalam berkomunikasi dengan anggota keluarga dan teman sejawat serta fungsi ujaran anak usia dini hasil perkawinan endogami. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian terdiri atas tiga orang anak yaitu NQD, AHA, dan QIM dengan rentang usia empat sampai lima tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak dan cakap diikuti teknik lanjutan berupa teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Adapun metode analisis data menggunakan metode padan intralingual dengan teknik hubung banding. Analisis data dilakukan dengan tahapan transkripsi, identifikasi, klasifikasi, analisis dan verivikasi. Ditemukan hasil bahwa ketiga subjek penelitian menggunakan pilihan kata dalam campur kode secara tepat sesuai dengan arti dan maksud tuturannya. Peneliti juga menemukan lima kategori fungsi ilokusi pada data ujaran anak usia empat sampai lima tahun, yaitu fungsi asertif, direktif, komisif, ekspressif dan deklaratif. Adapun kategori fungsi yang paling dominan muncul saat berkomunikasi dari ketiga subjek penelitian tersebut adalah kategori fungsi asertif yang berjumlah 26 tuturan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ketepatan, Campur Kode, Fungsi , Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Dec 2020 00:29
Last Modified: 14 Dec 2020 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item View Item