PENGARUH LAMA PEREBUSAN TERHADAP KUALITAS FISIK (DAYA IKAT AIR, SUSUT MASAK, DAN KEEMPUKAN) DAGING AYAM KAMPUNG

RETA, INDRI WATI (2020) PENGARUH LAMA PEREBUSAN TERHADAP KUALITAS FISIK (DAYA IKAT AIR, SUSUT MASAK, DAN KEEMPUKAN) DAGING AYAM KAMPUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Reta Indri Wati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian pengaruh lama perebusan terhadap kualitas fisik (daya ikat air, susut masak dan keempukan) daging ayam kampung telah dilakukan pada senin tanggal 21 september 2020 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging ayam kampung pada daging bagian dada dan daging bagian paha. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial (5x2). Perebusan daging ayam kampung dilakukan pada suhu 80ºC dengan lama perebusan yang berbeda yaitu 0 menit (T1), 30 menit (T2), 45 menit (T3), 60 menit (T4) dan 75 menit (T5) dan tiap perlakuan diulangi sebanyak 4 kali. Data dianalisis dengan menggunakan Analisis Sidik Ragam dan dilanjutkan dengan uji jarak ganda Duncan’s, menggunakan program aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa lama perebusan daging ayam kampung berpengaruh sangat nyata (p˂0,01) terhadap daya ikat air susut masak dan keempukan daging ayam kampung. Perebusan terbaik untuk daya ikat air dan susut masak dengan suhu 80ºC yaitu selama 30 menit, sedangkan untuk keempukan selama 75 menit namun daya ikat airnya rendah dan susut masaknya tinggi. Pada perlakuan 1 daya ikat air ada interaksi karena daya ikat air dada lebih rendah daripada daya ikat air paha (ada potongan garis pada grafik). Sedangkan perlakuan 2,3,4 dan 5 tidak ada interaksi karena daya ikat air dada dan paha adalah sama (tidak ada potongan garis pada grafik). Pada perlakuan 1,2,3,4 dan 5 susut masak tidak ada interaksi karena susut masak dada dan paha p<0,01). Begitu juga pada keempukan perlakuan 1,2,3,4 dan 5 tidak ada interaksi karena keempukan dada dan paha p<0,01).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : daging ayam kampung, lama perebusan, kualitas fisik dan interaksi antara dada dan paha.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:47
Last Modified: 16 Dec 2020 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item View Item