FORMULASI SEDIAAN LOTION EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) DAN PENENTUAN NILAI SPF SECARA IN VITRO

ANGLING, NURISNA UTAMI (2020) FORMULASI SEDIAAN LOTION EKSTRAK ETANOL DAUN SALAM (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) DAN PENENTUAN NILAI SPF SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. Skripsi - ANGLING NURISNA UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sinar Ultraviolet (UV) merupakan sebagian kecil dari spektrum sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi dan paling berbahaya bagi kulit sehingga dibutuhkan tabir surya untuk mencegah gangguan akibat sinar UV tersebut. Daun salam mengandung senyawa fenolik, flavonoid, dan tanin yang berpotensi sebagai tabir surya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan formula, karakteristik fisik, dan nilai SPF dari lotion ekstrak etanol daun salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.). Pada penelitian ini, daun salam diekstraksi dengan metode sonikasi menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak tersebut diformulasikan dalam bentuk sediaan lotion kemudian dilakukan evaluasi sifat fisik. Selanjutnya dilakukan penentuan nilai SPF pada ekstrak dan sediaan lotion yang mengacu pada persamaan Mansur menggunakan instrumen spektrofotometer UV-Vis. Konsentrasi ekstrak daun salam yang digunakan pada formula sediaan lotion yaitu 0,1% (F1) dan 0,5% (F2). Hasil sifat fisik dari sediaan yaitu berwarna krem (F1) dan berwarna hijau kecoklatan (F2), aroma khas ekstrak daun salam, bertekstur lembut dan homogen, memiliki tipe emulsi M/A, daya sebar 5,92 cm (F1) dan 6,05 cm (F2), daya lekat 0,86 detik (F1) dan 0,78 detik (F2), pH 7,82 (F1) dan 7,74 (F2), serta nilai akseptabilitas yang sangat baik. Berdasarkan hasil uji sifat fisik tersebut, lotion ekstrak daun salam memenuhi syarat pada uji homogenitas, daya sebar, dan pH, serta tidak memenuhi syarat pada uji daya lekat. Nilai SPF sediaan lotion ekstrak daun salam yaitu 4,97 (F1) dan 6,72 (F2) dengan tipe proteksi sedang dan ekstra. Semakin tinggi nilai SPF maka semakin tinggi tingkat proteksi terhadap sinar UV sehingga lotion F2 lebih baik dibandingkan F1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Daun salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.), lotion tabir surya, SPF.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:45
Last Modified: 21 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20081

Actions (login required)

View Item View Item