PERANAN PEMANGKU ADAT DI ERA MODERN DALAM MELESTARIKAN PROSESI PERKAWINAN SUKU SASAK (Studi Kasus Di Desa Pengadangan Kabupaten Lombok Timur)

SIWINI, NURMITA AYU (2020) PERANAN PEMANGKU ADAT DI ERA MODERN DALAM MELESTARIKAN PROSESI PERKAWINAN SUKU SASAK (Studi Kasus Di Desa Pengadangan Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peranan Pemangku Adat Di Era Modern Dalam Melestarikan Prosesi Perkawinan Suku Sasak (Studi Kasus Di Desa Pengadangan Kabupaten Lombok Timur)” bertujuan untuk mengkaji tetang bagaimana peranan pemangku adat dalam prosesi pernikahan suku sasak, faktor pendorong dan penghambat eksistensi pemangku adat di era modern dalam melestarikan prosesi pernikahan suku sasak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan menurut Miles dan Huberman. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dengan empat tipe yakni Tindakan Rasionalitas Instrumental, Tindakan Rasionalitas Nilai, Tindakan Tradisional, dan Tindakan Afektif. Hasil penelitian ini, pertama berdasarkan tipe tindakan rasionalias instrumental menunjukkan bahwa dalam prosesi Betikah atau akad, Bait janji, Begawe, Mandi pengantin, dan nyongkolan memiliki tujuan tertentu. Kedua, tindakan rasionalitas nilai, adanya nilai budaya dan agama yang terkandung dalam berbagai prosesi, Ketiga tindakan tradisional bahwa peranan pemangku adat dalam prosesi pernikahan sudah dilakukan secara turun temurun. Keempat, tindakan Afektif menunjukkan bahwa adanya perasaan haru, sedih dan bahagia yang dirasakan oleh individu-individu yang terlibat langsung dalam prosesi pernikahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pemangku adat, prosess adat , eksistensi, tindakan sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:46
Last Modified: 23 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20098

Actions (login required)

View Item View Item