STUDI RESIDU BIOCHAR DAN PEMUPUKAN NPK TERHADAP P-TERSEDIA DALAM TANAH, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)

Akhmad, Bakhtiar (2020) STUDI RESIDU BIOCHAR DAN PEMUPUKAN NPK TERHADAP P-TERSEDIA DALAM TANAH, PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Bakhtiar Akhmad (ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk untuk mempelajari pengaruh efek residu dua macam biochar dan residu pemupukan NPK pada musim tanam sebelumnya terhadap ketersedian usur hara Fosfor, pertumbuhan dan hasil Selada (Lactuca sativa L.). Percobaan ini menggunakan metode ekspertimental yang dilaksanakan dari bulan Juli 2017 sampai November 2017, dengan mengguanakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah residu pupuk NPK terdiri atas 4 aras yaitu P0 (tanpa residu pupuk NPK), P1 (100 kg/ha residu NPK), P2 (200 kg/ha residu NPK) dan P3 (300 kg/ha residu NPK), dan faktor kedua adalah residu biochar dengan 2 aras yaitu B1 (sekam padi) dan B2 (ranting kayu), sehingga didapat 8 perlakuan yang masing-masing perlakuan diulang 3 kali sehingga didapat 24 ulanagan. Analisis data menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan untuk perlakuan yang berbeda nyata maka diuji lanjut dengan beda nyata jujur (BNJ) 5 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa residu biochar dan residu pupuk NPK berpengaruh terhadap Ketersediaan Fosfor, kadar C-Organik dan pH tanah, sedangkan pada variabel tanaman tidak berpengaruh pada tinggi tanaman, jumlah daun, berat brangkasan basah pertanaman dan berat berangkasan perpetak. Residu biochar ranting kayu dengan residu pupuk NPK 300kg/ha memberikan hasil tertinggi pada tinggi tanaman, jumlah daun dan berat brangkasan basah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Selada, Biochar, Residu Biochar, Residu NPK.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:46
Last Modified: 23 Dec 2020 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20101

Actions (login required)

View Item View Item