ANALISIS PENDAPATAN KELOMPOK TANI HUTAN DAN POTENSI PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK BAMBU MELALUI SKEMA KEMITRAAN KEHUTANAN DI BKPH SEJORONG MATAIYANG

Rizky, Cesare Anggraini (2020) ANALISIS PENDAPATAN KELOMPOK TANI HUTAN DAN POTENSI PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK BAMBU MELALUI SKEMA KEMITRAAN KEHUTANAN DI BKPH SEJORONG MATAIYANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIZKY CESARE ANGGRAINI (JURNAL).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis pendapatan petani dan kelompok tani hutan dari kegiatan pemungutan hasil hutan bukan kayu bambu dan untuk menganalisis potensi PNBP dari HHBK Bambudi Kawasan Hutan BKHP Sejorong Mataiyang Desa Lalar Liang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitaif dengan menggunakan teknik random sampling yaitu metode sensus dengan mengambil seluruh responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu KTH Taruna Mengadang dan KTH Bina Usaha. Analisis data menggunakan analisis biaya dan analisis estimasi potensi PNBP bambu. Hasil dari penelitian ini adalah adanya salah satu skema perhutanan sosial yang ada di BKPH Sejorong Mataiyang yaitu Kemitraan Kehutanan yang melakukan kegiatan pemungutan Hasil Hutan Bukan Kayu dan terdapat 3 jenis bambu yang terdapat di lokasi penelitian adalah bambu duri (Bambusa blumena BI), bambu petung (Dendrocalamus asper), bambu dan bambu tali (Gigantochloa apus J.A. & J.H. Schult Kurz), tapi bambu yang dimanfaatkan oleh petani hutan yaitu jenis bambu duri saja karena potensi nya yang lebih tinggi dibandingkan bambu apus dan bambu petung yang potensinya hanya sedikit di desa tersebut. jenis bambu duri tersebut sudah lama dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat sekitar hutan sebagai sumber pendapatan, Metode pembayaran dari pemungutan Hasil Hutan Bukan Kayu bambu tersebut adalah menggunakan penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pendapatan yang dihasilkan oleh KTH Taruna Mengadang sebesar Rp. 138.325.842/tahun dan untuk KTH Bina Usaha sebesar Rp. 55.095.493/tahun. Kemudian untuk pendapatan yang dihasilkan dari pembagian pendapatan bersih untuk masing-masing anggota kelompok adalah untuk KTH Taruna Mengadang sebesar Rp.13.832.584/tahun dan untuk KTH Bina Usaha sebesar Rp.9.182.582/tahun. Estimasi PNBP yang dihasilkan oleh KTH Taruna Mengadang sebesar Rp. 10.483.200/tahun dan untuk KTH Bina Usaha sebesar Rp. 5.054.400/tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jenis-jenis bambu, Kemitraan Kehutanan, PNBP
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:45
Last Modified: 23 Dec 2020 03:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20113

Actions (login required)

View Item View Item