PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLAYDOUGH ANAK KELOMPOK A DI PAUD HIJRATURRASUL TAHUN AJARAN 2018/2019

BAIQ, PURWANING (2020) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN PLAYDOUGH ANAK KELOMPOK A DI PAUD HIJRATURRASUL TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Purwaning.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya kegiatan pembelajaran yang dilakukan di PAUD Hijraturrasul terkait stimulasi terhadap perkembangan motorik halus anak. Akibatnya, perkembangan motorik halus anak belum berkembang secara optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kegiatan bermain playdough yang tepat untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok A di PAUD Hijraturrasul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan dalam empat tahap antara lain : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Hijraturrasul yang berjumlah 10 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa penerapan kegiatan bermain playdough yang sesuai dengan model yang direncanakan. Anak mampu melakukan kegiatan motorik dengan lebih baik berupa mampu mengkoordinasikan mata dan tangan saat melakukan kegiatan bermain playdough, anak mampu mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus seperti menjumput, mengepal dan memilin. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain playdough yang dihasilkan dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak sehingga perkembangan motorik halus anak mengalami peningkatan dengan persentase pada pengembangan 1 sebesar 54,9%, tahap pengembangan 2 sebesar 70,1%, dan tahap pengembangan 3 sebesar 84,7%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain playdough dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok A di PAUD Hijraturrasul Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : bermain playdough, motorik halus
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Dec 2020 07:43
Last Modified: 27 Dec 2020 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item View Item