PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

HINDI, REZEKI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KAUSALITIK UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HINDI REZEKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kausalitik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D. Perangkat pembelajaran kausalitik yang dikembangkan diantaranya adalah silabus, RPP, tugas pendahuluan, LKPD, dan instrumen tes. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan desiminasi. Data diperoleh dari nilai validasi oleh validator dan respon mahasiswa pendidikan fisika, uji coba terbatas, serta penyebarluasan melalui artikel ilmiah. Hasil validasi oleh validator terhadap perangkat pembelajaran kausalitik sebesar 84,82% dengan kriteria cukup valid dan respon mahasiswa pendidikan fisika terhadap perangkat pembelajaran kausalitik diperoleh rata-rata 95,56%. Hasil tersebut tergolong perolehan yang tinggi dengan kriteria sangat valid. Hasil uji N- Gain kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah berturut-turut 0,37 dan 0,53 yang tergolong dalam kategori sedang. Dengan demikian perangkat pembelajaran kausalitik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika peserta didik layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, model pembelajaran kausalitik, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:29
Last Modified: 06 Jan 2021 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20350

Actions (login required)

View Item View Item