PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

Yuli, Astuti (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULI ASTUTI (E1Q016074).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran model cooperative tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah 4D Models yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Pengambilan data penelitian menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 6 validator ahli yang terdiri dari 3 orang dosen pendidikan fisika dan 3 orang guru mata pelajaran fisika. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dari penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran tersebut meliputi silabus, RPP, LKPD, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi berprestasi. Penelitian ini melakukan uji validitas untuk menentukan kelayakan dan tingkat validitas perangkat pembelajaran. Data hasil validitas diperoleh nilai 3,35 untuk silabus, 3,40 untuk RPP, 3,13 untuk LKPD, 3,38 untuk tes kemampuan berpikir kritis dan 3,40 untuk angket motivasi berprestasi, sehingga rata-rata validitas perangkat pembelajaran berada pada kategori valid dengan tingkat validitas yaitu 3,33. Selanjutnya yaitu uji reliabilitas, diperoleh hasil interval koefisien yaitu 0,883 untuk silabus, 0,912 untuk RPP, 0,826 untuk LKPD, 0,819 untuk untuk tes kemampuan berpikir kritis dan 0,858 untuk angket motivasi berprestasi, sehingga rata-rata interval koefisien reliabilitas yaitu 0,850 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model cooperative tipe group investigation untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik valid dan reliabel digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pengembangan perangkat pembelajaran, cooperative tipe group investigation, kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:07
Last Modified: 07 Jan 2021 07:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20404

Actions (login required)

View Item View Item