KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR TEGAKAN PADA BLOK KOLEKSI TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Triono, Cahya Andika (2020) KOMPOSISI JENIS DAN STRUKTUR TEGAKAN PADA BLOK KOLEKSI TAMAN HUTAN RAYA NURAKSA DESA KARANG SIDEMEN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Taman Hutan Raya (Tahura) merupakan kawasan konservasi yang pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah daerah. Perencanaan penataan Blok Pengelolaan Tahura Nuraksa diharapkan dapat mendorong peran serta masyarakat dan pihak-pihak lain dalam pembangunan dan pelestarian kawasan. Penataan Blok mencakup penetapan kawasan yang terbagi dalam Blok Perlindungan, Blok Pemanfataan, Blok Koleksi, Blok Tradisional, Blok Religi Budaya Sejarah, dan Blok Khusus. Blok Koleksi menjadi lokasi penelitian ini dengan luas 547,78 ha. Perubahan luas dan fungsi penggunaan lahan hutan menjadi agroforestri atau lahan pertanian sebagai akibat adanya campur tangan masyarakat dalam pengelolaan lahan pada Blok koleksi Tahura Nuraksa mulai merubah komposisi jenis dan struktur tegakan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui komposisi jenis dan struktur tegakan pada Blok Koleksi Tahura Nuraksa, serta mengetahui keanekaragaman jenis pada Blok Koleksi Tahura Nuraksa. Penelitian ini menggunakan metode systematic line sampling with random start. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi jenis pada Blok Koleksi terdapat 24 jenis pohon yang berasal dari 11 famili, dengan jumlah keseluruhan mencapai 855 pohon. Jumlah tertinggi ditemukan pada spesies Dendrocnide stimulans (117 individu) dan jumlah terendah ditemukan pada spesies Mimusops sp. (5 individu). Struktur tegakan hutan pada Blok Koleksi secara horizontal menunjukkan semakin besar diameter pohon maka semakin sedikit jumlah individunya (membentuk kurva “J” terbalik), sehingga hutan tersebut cenderung seimbang, sedangkan struktur tegakan hutan secara vertikal menunjukkan bahwa terdapat 3 strata yaitu strata A, strata B, dan strata C. Indeks Keanekaragaman Jenis untuk pohon yang ada di Blok Koleksi masuk dalam kategori sedang melimpah (1,3103).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Komposisi Jenis, Struktur Tegakan, Keanekaragaman Jenis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jan 2021 06:17
Last Modified: 08 Jan 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item