PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI PENGAKU GORDING PADA ATAP BAJA RINGAN The Utilization of Used Cans As A Stiffener Of Purlin On The Light Steel Roof

Rian, Tri Putra (2020) PEMANFAATAN KALENG BEKAS SEBAGAI PENGAKU GORDING PADA ATAP BAJA RINGAN The Utilization of Used Cans As A Stiffener Of Purlin On The Light Steel Roof. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kandungan kaleng bekas pada umumnya adalah alumunium, hal ini dikarenakan sifat alumunium adalah lebih ringan jika dibandingkan dengan baja, tidak berbau, tidak beracun mudah ditempa, merupakan penghasil panas yang baik. Limbah minuman kaleng perlu diolah secara tepat agar tidak mencemari lingkungan, mengatasi permasalahan sampah minuman kaleng yang semakin bertambah maka diperlukan cara untuk mengontrolnya salah satunya dengan dijadikan pengaku pada gording atap baja ringan Pengujian kuat tekan gording dilakukan satu titik pembebanan. Struktrur diletakkan pada dua tumpuan. Pemberian pembebanan menggunakan alat Universal Testing instrument. Pada penelitian ini, digunakan pengaku dari kaleng bekas 2 ketebalan dengan ketebalan 0.15 mm dan 0.5 mm, pengaku dibentuk huruf T, jarak pengaku yang dipasang di gording pada batang L/2, L/3, dan L/4. Berdasarkan hasil penelitian, letak pengaku pada titik pembebanan meningkatkan kekuatan profil dalam penerimaan beban sedangkan yang tidak pada titik pembebanan tidak mengalami peningkatan kekuatan profil dalam penerimaan beban, dengan persentase besar pengaruh pembebanan terhadap kekuatan gording sebesar 88%. Penambahan pengaku mengurangi lendutan yang terjadi pada gording baja ringan, persentase besar pengaruh pengaku terhadap lendutan sebesar 89%. Pola kegagalan yang terjadi adalah terjadinya tekuk torsi pada batang gording baja ringan, akibat dari sumbu yang sejajar dengan beban.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : tekuk, pengaku, kaleng bekas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:30
Last Modified: 11 Jan 2021 03:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item