HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN PENYAKIT THT-KL DI PUSKESMAS KOPANG LOMBOK TENGAH

Noni, Trisna Dewi (2020) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DENGAN PENYAKIT THT-KL DI PUSKESMAS KOPANG LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI NONI TRISNA DEWI (H1A017064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Puskesmas dituntut untuk menyediakan pelayanan kesehatan dengan mutu pelayanan kesehatan terbaik, yang tidak hanya dapat menimbulkan kepuasan bagi pasien tetapi juga sesuai dengan standar dan kode etik profesi yang telah di tetapkan. Di Indonesia, pemerintah mengamanatkan badan penyelenggara jaminan sosial bidang kesehatan (BPJS-K) untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kesehatan guna memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi setiap pesertanya. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Cara pengumpulan data dilakukan dengan mengisi lembar kuesioner yang telah disediakan oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kopang Lombok Tengah dengan kriteria inklusi antara lain pasien THT-KL yang mendaftar di loket puskesmas, pasien yang menggunakan pelayanan BPJS Kesehatan. Subyek akan di eksklusi bila hanya meminta rujukan ke fasilitas layanan lanjutan tanpa dilakukan pemeriksaan. Hasil: Total subjek penelitian berjumlah 75 orang, yang terdiri dari perempuan sebanyak 49 responden (65,3%) dan sisanya laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan BPJS Kesehatan terhadap kepuasan pasien dengan penyakit THT-KL di Puskesmas Kopang (p = 0,000, r = 0,514) dimana untuk data penyakit terbanyak berdasakan data dari buku profil Puskesmas Kopang selama 6 bulan terakhir adalah faringitis yaitu sebanyak 86 (73,5%) pasien. Kesimpulan: Penelitian ini menemukan bahwa mutu pelayanan BPJS Kesehatan berhubungan erat dengan kepuasan pasien dengan penyakit THT-KL yang berobat di Puskesmas Kopang (p= 0,000 dan r= 0,514).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Mutu pelayanan, BPJS-Kesehatan, Puskesmas, kepuasan pasien, penyakit THT-KL.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 00:52
Last Modified: 13 Jan 2021 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20471

Actions (login required)

View Item View Item