ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETERNAK BUDIDAYA LEBAH MADU (Trigona sp) DI DESA REMPEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Ariza, Ariza (2020) ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETERNAK BUDIDAYA LEBAH MADU (Trigona sp) DI DESA REMPEK KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu dari sekian daerah di Indonesia sebagai penghasil madu. Provinsi NTB terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok.Kedua pulau tersebut telah dikenal sebagai sentra penghasil madu. Madu yang terkenal di pulau Lombok yang telah dibudidayakan oleh masyarakat terutama yang ada di kabupaten Lombok Utara adalah lebah Trigona sp. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui produksi dari hasil budidaya lebah madu Trigona sp. di Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ; (2). Untuk mengetahui pendapatan peternak dari hasil budidaya lebah madu Trigona sp. Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang di sajikan secara deskriptif. Penentuan responden dilakukan dengan metode sensus. Semua responden diambil berdasarkan informasi di lapangan, yang dimana masing-masing ditemukan bahwa jumlah kelompok petrnak lebah madu Trigona Sp sebanyak 20 orang anggota. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rempek Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Hasil Penelitian Menujukan Bahwa : (1). Produksi dari hasil budidaya lebah madu Trigona pertahun adalah 5,64 Liter (9,4 botol – ukuran 600 ml). (2). Pendapatan petenak dari hasil budidaya lebah madu Trgona yaitu sebesar Rp. 1.158.803.57.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Produksi; Kelompok Tani Hutan; Pendapatan; Budidaya Lebah Madu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 00:52
Last Modified: 13 Jan 2021 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20473

Actions (login required)

View Item View Item