STUDI FISIK TEKANAN GELOMBANG PADA DINDING PANTAI (SEAWALL) TIPE LENGKUNG DAN TIPE VERTIKAL AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER

JULI ALFITA, JULI ALFITA (2020) STUDI FISIK TEKANAN GELOMBANG PADA DINDING PANTAI (SEAWALL) TIPE LENGKUNG DAN TIPE VERTIKAL AKIBAT HEMPASAN GELOMBANG REGULER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi juli alfita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.000 pulau dan memiliki garis pantai 80.000 km. Daerah pantai merupakan daerah efektif untuk berbagai kegiatan ekonomi, namun seiring perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi tersebut tentunya menimbulkan berbagai masalah diantaranya abrasi. Abrasi merupakan permasalahan alami yang dapat merubah morfologi pantai berupa mundur dan majunya garis pantai sehingga merusak permukiman dan fasilitas-fasilitas yang ada di daerah pantai. Agar kerusakan tidak berlanjut dilakukan perindungan pantai,salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu perkuatan dinding pantai untuk dapat meminimalisir tekanan dari gelombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan gelombang reguler terhadap variasi bentuk dinding pantai (seawall). Penelitian berlokasi di Laboratorium Hidrolika dan Pantai Fakultas Teknik Universitas Mataram menggunakan alat yang dilengkapi pembangkit gelombang buatan bernama wave flume dengan dimensi 14.1 m, 0.5 m dan 0.8 m. Model fisik dibuat setinggi 55 cm mengunakan media papan kayu (triplek) dengan ketebalan 0,006 m. Variasi seawall berbentuk vertikal dan lengkung yang diposisikan di 1.5 m dari hilir Flume dengan bagian depannya di asumsikan menghadap kearah gelombang datang serta menggunakan 4 (empat) variasi tinggi gelombang reguler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi gelombang dan semakin besar kedalaman titik pengukuran tekanan gelombang maka akan semakin besar tekanan yang dihasilkan. Seawall tipe vertikal menghasilkan tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan seawall tipe lengkung. Seawall tipe lengkung merupakan salah satu bentuk yang baik dalam meminimalisir tekanan gelombang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Tekanan Gelombang, Gelombang Reguler, seawall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 20 Jan 2021 15:21
Last Modified: 20 Jan 2021 15:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20533

Actions (login required)

View Item View Item