PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN TAMAN BARU MATARAM TAHUN 2020

BAIQ, LAILY NURFIANA (2020) PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PERUMAHAN TAMAN BARU MATARAM TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAILY NURFIANA (E1F 016 011) PENGEMBANGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR UNTUK PENINGKATAN PERKEMB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar di Perumahan Taman Baru Mataram. Perkembangan kognitif adalah kecerdasan atau cara berpikir anak untuk dapat menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi untuk dapat memecahkan suatu masalah dengan menggunakan kemampuan bawaan yang bersifat biologis serta dapat berinteraksi secara sosial dengan teman sebaya ataupun dengan lingkungan disekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pada penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang anak. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan Sembilan langkah-langkah bermain kartu angka bergambar yang mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak dan sudah disesuaikan dengan tingkat capaian perkembangan anak sebagai berikut: (a)Pertama-tama anak di minta untuk menggambil 2 kartu angka yang sudah disediakan (1-10) kemudian menunjukkan kartu angka yang lebih sedikit. b) dan kemudian menunjukkan kartu angka yang lebih banyak.(c)Kemudian anak diminta menyebutkan kartu angka kartu gambar dengan benar. (d)Anak di minta untuk memasangkan kartu angka dan kartu gambar. e)Kemudian anak diminta untuk membilang 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (f) Selanjutnya mengurutkan lambang bilangan 1-10 dengan menggunakan kartu angka. (g)Anak diminta untuk menunjukkan lambang bilangan dengan menggunakan kartu angka. (h)Selanjutnya anak menggantungkan kartu angka dan kartu gambar pada papan gantung sesuai dengan jumlah kartu angka dan kartu gambar. (i)Kemudian anak menulis lambang bilangan 1-10 pada kertas yang sudah disediakan. Hasil persentase dari penelitian pengembangan ini mengalami peningkatan. Pada tahap penelitian I dengan persentase 37,5%, penelitian II dengan persentase sebesar 50,52% serta penelitian III sebesar 82,82%. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu angka bergambar dapat mengembangkan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di Perumahan Taman Baru Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kartu Angka Bergambar, perkembangan kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:52
Last Modified: 01 Feb 2021 05:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20584

Actions (login required)

View Item View Item