UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KELAINAN REFRAKSI DAN PENGGUNAAN KACAMATA KOREKSI PADA SISWA SMA DI PULAU LOMBOK

Annisa, Hidayati (2020) UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PENGETAHUAN DAN SIKAP MENGENAI KELAINAN REFRAKSI DAN PENGGUNAAN KACAMATA KOREKSI PADA SISWA SMA DI PULAU LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI FINAL- Annisa Hidayati (H1A013007) doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)

Abstract

Pendahuluan: Kelainan refraksi merupakan penyebab kedua kebutaan setelah katarak di dunia. Kelainan refraksi yang tidak terkoreksi dapat memengaruhi edukasi, kesempatan kerja, produktivitas, serta kualitas hidup seseorang. Masih banyak stigma dan kesalahpahaman yang beredar mengenai penggunaan kacamata sebagai metode koreksi kelainan refraksi. Pengetahuan yang baik mengenai kelainan refraksi dan penggunaan kacamata koreksi akan memengaruhi sikap yang menunjang upaya pencegahan gangguan penglihatan karena kelainan refraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kuesioner penilaian pengetahuan dan sikap mengenai kelainan refraksi dan penggunaan kacamata koreksi dan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode: Penelitian ini merupakan suatu studi potong lintang (cross-sectional). Kuesioner dikembangkan berdasarkan hasil tinjauan literatur. Validitas konten dievaluasi oleh lima orang dokter spesialis mata, lalu dilakukan uji keterbacaan. Kuesioner ini terdiri dari empat bagian yaitu: demografi, riwayat kesehatan mata, pengetahuan, dan sikap. Total 110 siswa SMA di pulau Lombok dilibatkan sebagai partisipan penelitian. Validitas kuesioner dinilai menggunakan corrected item-total correlation dan reliabilitas dinilai dengan koefisien Cronbach alfa. Hasil: Keempat butir pertanyaan yang mengujikan pengetahuan, dan delapan dari 26 butir pernyataan sikap memiliki nilai corrected item-total correlation lebih besar dari r tabel (0.187), yang mengindikasikan validitasnya dapat diterima. Koefisien Cronbach alfa untuk pertanyaan pada domain pengetahuan (0.84) dan domain sikap (0.886) mengindikasikan konsistensi internal yang baik, dan karena itu, reliabilitas kuesioner yang baik. Kesimpulan: Kuesioner untuk menilai pengetahuan dan sikap terhadap kelainan refraksi dan penggunaan kacamata pada siswa SMA yang dikembangkan dalam penelitian ini menunjukkan bukti awal validitas dan reliabilitas yang dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kelainan refraksi, kacamata, validitas, reliabilitas, kuesioner, pengetahuan, sikap.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:16
Last Modified: 02 Feb 2021 06:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item View Item