TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERNIKAHAN DINI PASCA DISAHKANNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 (Studi di Pengadilan Agama Mataram)

BAGUS, AULIA YUSRIL IMTIHAN (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERNIKAHAN DINI PASCA DISAHKANNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2019 (Studi di Pengadilan Agama Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui apa saja dasar filosofis dan yuridis dari perubahan usia minimum perkawinan pasca disahkannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 serta mengetahui terkait persyaratan administratif mengajukan permohonan Dispensasi Kawin dan hal-hal yang menjadi pertimbangan hukum dalam pemberian Dispensasi Kawin di Pengadilan Agama, yang mana dalam hal ini Penulis melakukan penelitian di Pengadilan Agama Mataram Kelas I A. Metode yang digunakan adalah metode (normatif) empiris. Berdasarkan dari hasil penelitian diketahui bahwa perubahan usia pada Undang- Undang Perkawinan demi meminimalisir resiko perceraian serta menghilangkan diskriminasi usia kawin. Lalu terkait persyaratan dispensasi kawin dijelaskan juga dalam PERMA Nomor 5 tahun 2019. Dalam pemberian dispensasi kawin Hakim mempertimbangkan berdasarkan prinsip maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pernikahan,Usia dini, Dispensasi Kawin.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:17
Last Modified: 02 Feb 2021 06:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item