PENGRUH PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DITANAM PADA TANAH JENIS VERTISOL

Khaerun, Nisa (2020) PENGRUH PUPUK NITROGEN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv. Mott) YANG DITANAM PADA TANAH JENIS VERTISOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KHAERUN NISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv.Mott) yang diberikan dosis pupuk N (nitrogen) yang berbeda yang ditanam pada tanah jenis vertisol pada usia pemotongan 45 hari telah dilaksanakan di Laboratorium Terapan (Teaching Farm) Lingsar dan Ilmu Nutrisi Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram sejak bulan Juni - Agustus 2020. Materi yang digunakan adalah rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum cv. Mott), pupuk urea dan tanah vertisol. Penelitian dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan : P0 (kontrol), P1 (100 kg N/ha), P2 (200 kg N/ha), P3 (300 kg N/ha , P4 (400 kg N/ha) masing-masing dengan 3 kali ulangan. Variabel yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah tunas, jumlah daun, produksi segar, kandungan bahan kering dan produksi kering. Data yang diproleh dianalisis menggunakan analisis varian (ANOVA) dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan’s. Data Penelitian menunjukkan respon yang berbeda nyata (P<0.05) terhadap jumlah tunas dan jumlah daun, produksi segar dan produksi bahan kering. Sedangkan terhadap tinggi tanaman menunjukkan respon yang tidak signifikan (P>0.05). Hasil tertinggi untuk setiap variable yang diamati diproleh dari perlakuan T2(tinggi tanaman, produksi segar dan produksi bahan kering) dan T3(jumlah tunas dan jumlah daun) dengan rata-rata untuk tinggi tanaman 95.50 cm, jumlah tunas 29.67 batang/planter, 254 helai/tanaman, produksi segar 1244 gr/planter dan produksi kering (233.26 gr/planter). Sedangkan untuk kandungan bahan kering menunjukkan respon yang berbeda tidak nyata (P>0.05). Hasil tertinggi untuk kandungan bahan kering (%) diproleh dari perlakuan T0 (kontrol) dengan kandungan bahan kering 20.09%. Hal ini disebabkan karena pada perlakuan T0 tidak dilakukan pemupukan sama sekali sehingga kebutuhan unsur hara tanaman tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pupuk N (Nitrogen), Tanah Vertisol, Pertumbuhan dan Produksi Rumput Gajah Mini (Pennisetum purpureum cv. Mott)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:13
Last Modified: 02 Feb 2021 03:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item