RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI PEMINATAN KONSENTRASI BAGI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI BERTINGKAT BERBASIS WEBSITE

YUSRON, RIZKI ARDIANSYAH (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KLASIFIKASI PEMINATAN KONSENTRASI BAGI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS MATARAM MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI BERTINGKAT BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Yusron Rizki Ardiansyah_F1B016103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Program Studi Teknik Elektro Universitas Mataram menerapkan kurikulum yang mewajibkan mahasiswa memilih konsentrasi setelah semester empat berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hal ini membuat mahasiswa yang memiliki nilai rendah akan sulit untuk mendapatkan konsentrasi penjurusan yang memiliki peminatan paling banyak dan tidak memiliki rekomendasi lain dari hasil pembagian konsentrasi tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem pengambilan keputusan untuk setiap peminatan konsentrasi. Parameter yang digunakan sebagai data masukan dalam penentuan konsentrasi adalah nilai mata kuliah dasar, IPK, minat mahasiswa, keinginan orang tua, dan keterampilan mahasiswa dalam menentukan peminatan konsentrasi sebagai pengembangan dari sistem sebelumnya. Metode yang digunakan untuk mengola data masukan adalah logika Fuzzy Inferense System (FIS) dengan pendekatan Fuzzy Mamdani bertingkat yang terdiri dari tahapan: fuzzifikasi, implikasi, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Jumlah sampel data yang digunakan sebanyak 65 data mahasiswa dari empat konsentrasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat akurasi dari perbandingan antara hasil penentuan konsentrasi dari sistem fuzzy Mamdani dan faktanya adalah sebesar 80%. Pengukuran kepuasaan pengguna sebesar 87.62% dari 21 responden. Sistem pendukung keputusan ini dapat mempermudah bagi mahasiswa dan pengelola Jurusan Teknik Elektro Universitas Mataram dalam mengelola dan menganalisis penentuan konsentrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sistem Pengambilan Keputusan, Fuzzy Inference System, metode fuzzy Mamdani bertingkat.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:47
Last Modified: 03 Feb 2021 02:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20694

Actions (login required)

View Item View Item