PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN HORMON ANN GOLD GIBB (GA3) 40 SL TERHADAP HASIL DAN PEMBENTUKAN BUAH PARTENOKARPI PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

Aziza, Carlina (2021) PENGARUH KONSENTRASI DAN WAKTU PEMBERIAN HORMON ANN GOLD GIBB (GA3) 40 SL TERHADAP HASIL DAN PEMBENTUKAN BUAH PARTENOKARPI PADA TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AZIZA CARLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konsentrasi dan waktu aplikasi hormon Ann Gold Gibb40 SL (GA3) terhadap hasil dan pembentukan buah partenokarpi pada tanaman cabai merah (Capsicum annum L.). Penelitian dimulai bulan Maret sampai bulan Juni 2020 di Dusun Pengkores, Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) faktorial dua faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi Ann Gold Gibb (GA3) 40 SL (0 ppm, 25 ppm,50 ppm dan 100 ppm. Faktor kedua waktu pemberian Ann Gold Gibb (GA3) 40 SL (tanaman berumur 7 hari setelah tanam = HST, 21 HST, 35 HST dan 42 HST). Perlakuan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 48 unit percobaan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh interaksi perlakuan konsentrasi dan saat aplikasi hormon Ann Gold Gibb (GA3) 40 SL terhadap parameter umur berbunga, variabel hasil dan jumlah biji perbuah. Sedangkan waktu aplikasi berpengaruh nyata terhadap parameter umur berbunga, dan variabel hasil tanaman. Hasil tertinggi diperoleh dari perlakuan pemberian konsentrasi 50 ppm dan jumlah biji terendah diperoleh dari perlakuan 50 ppm yang diaplikasikan pada umur 42 HST. Perlakuan tersebut berpeluang untuk dikaji lebih jauh untuk menghasilkan buah partenokarpi pada tanaman cabai merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci:giberelin,hormon, partenokarpi,cabai merah, umur berbunga.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Feb 2021 00:34
Last Modified: 04 Feb 2021 00:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item View Item