PEMISAHAN DAN PEMEKATAN ION TIMBAL (II) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI PELARUT DENGAN ASAM LEMAK HIDROKSAMIK DARI MINYAK BIJI KETAPANG SEBAGAI EKSTRAKTAN

WIWIN, ARIANI (2021) PEMISAHAN DAN PEMEKATAN ION TIMBAL (II) MENGGUNAKAN METODE EKSTRAKSI PELARUT DENGAN ASAM LEMAK HIDROKSAMIK DARI MINYAK BIJI KETAPANG SEBAGAI EKSTRAKTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WIWIN ARIANI (G1C016048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pertambangan emas secara tradisional umumnya menggunakan metode amalgamasi dan sianidasi. Metode ini menghasilkan limbah yang mengandung logam berat. Salah satu jenis logam berat pada limbah adalah timbal (Pb). Timbal dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan kerusakan jaringan pada tubuh manusia. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi cemaran logam berat dalam perairan adalah dengan mengekstraknya. Salah satu metode ekstraksi ion logam adalah metode ekstraksi cair-cair menggunakan chelathing agent. Pada penelitian ini chelathing agent yang digunakan adalah asam lemak hidroksamik (ALH) yang disintesis dari minyak biji ketapang dengan persentase hasil sintesis sebesar 67%. Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum ekstraksi ion timbal (II) oleh ALH adalah pada pH 2 dan serapan maksimum sebesar 100%. Total perolehan kembali ion timbal (II) menggunakan larutan HNO3 1,25 M sebesar 99,98 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ion timbal (II), asam lemak hidroksamik, minyak biji ketapang, ekstraksi pelarut.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:46
Last Modified: 10 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20834

Actions (login required)

View Item View Item