EFEKTIVITAS BANTUAN BERAS (RASKIN) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PANGAN BERAS RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

BAIQ, SEPTIANA WIDARI (2020) EFEKTIVITAS BANTUAN BERAS (RASKIN) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PANGAN BERAS RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui efektivitas program Raskin di Kecamatan Batukliang. (2) Untuk mengidentifikasi kendala pelaksanaan program Raskin di Kecamatan Batukliang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif yaitu metode penelitian deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena- fenomena yang ada baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya (Sukmadinata, 2006). Unit analisis yang digunakan dalam peneltilian ini adalah rumah tangga miskin penerima manfaat raskin, sedangkan responden dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 30 orang dengan pruposive sampling. Penelitian ini terdiri dari 2 jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dan sumber data ada 2 yaitu data primer dan data skunder sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui efektivitas bantuan beras raskin adalah menggunakan metode skoring. Hasih penelitian menunjukkan bahwa efektivitas bantuan beras raskin termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal tersebut mengacu pada interval skor berkisar antara (27 – 37). Adapun kendala- kendala yang dihadapi 1) lokasi yang jauh, 2) tidak adanya ongkos, 3) data tidak sesuai dan 4) pemerataan jumlah penerima raskin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : raskin, inidikator dan efektivitas
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:46
Last Modified: 10 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20837

Actions (login required)

View Item View Item