RIRIN, SULISTIA NINGSIH (2020) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN GUGUS 3 PELAMBIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RIRIN SULISTIA NINGSIH (E1E216159).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Hubungan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi menggunakan metode expost facto.Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis korelasi Product Moment berbantuan program Lisral for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa berjumlah 667 orang, Sampel penelitian ini dibagi menjadi sampel sekolah, sampel kelas dan sampel siswa. Hasil analisis korelasi product moment model pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar IPS sebesar .322**. Artinya besar korelasi atau hasil rxy sebesar 0,322, setelah itu dikonsultasikan pada r tabel dengan taraf signifikan 5% dihasilkan 0,194 dapat ditulis rxy > rt atau rxy > 0 atau maka dapat diartikan hasil perhitungan (rxy) itu lebih besar dari hasil r tabel (rt). Selanjutnya, hasil uji t diperoleh sebesar (p41)= 0,213, dengan nilai thitung diperoleh sebesar 2,422, dan nilai ttabel adalah 1,99. Diketahui ternyata thitung > ttabel, jika demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian peneliti menemukan, bahwa model kooperatif berhubungan dengan hasil belajar IPS, dan berkontribusi terhadap terjadinya variasi naik turunnya hasil belajar IPS sebesar 9,30 %.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata-kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | S Agriculture > SB Plant culture |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 04:51 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 04:51 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20845 |
Actions (login required)
View Item |