ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) KONSTRUKSI MELALUI METODE GAP ANALYSIS PADA PEMBANGUNAN SIRKUIT MOTO GP MANDALIKA

ELSA, DEWI NOVITA (2021) ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) KONSTRUKSI MELALUI METODE GAP ANALYSIS PADA PEMBANGUNAN SIRKUIT MOTO GP MANDALIKA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Tesis ELSA_ (final).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pekerjaan konstruksi memiliki faktor risiko tinggi sehingga dibutuhkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Konstruksi agar terciptanya sistem kerja yang aman, efisien dan produktif. Pelaksanaan SMK3 ini telah diterapkan pada Pembangunan Sirkuit Moto GP kawasan Mandalika dan perlu dilakukan analisa penerapan sistem dengan menggunakan Metode Analisis Kesenjangan (Gap Analysis). Dengan kuisioner sebagai alat uji, selanjutnya didapatkan hasil penilaian SMK3 untuk menjadi referensi peningkatan implementasi SMK3 sehingga dapat berjalan lebih efektif dan berkesinambungan sebagai peyempurnaan sistem ini. Penyusunan Kuisioner dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder terhadap tingkat komparasi aturan SMK3 nasional yaitu PP Nomor 50 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri PUPR Nomor 21 Tahun 2019 serta aturan SMK3 internasional yaitu OHSAS 18001:2007. Hasil pengujian kelaikan data kuisioner terdiri dari hipotesa uji validasi bernilai 0,361 pada signifikan 5% dan 0,463 pada signifikan 1% serta hipotesa uji reliabilitas dengan nilai alpha cronbach 0,744. Setelah kelaikan data dapat diterima, dilakukan proses pengolahan selanjutnya yang menghasilkan nilai Gap Analysis sebesar 94,61% atau kategori Sangat Baik pada penilaian OHSAS 18001:2007. Selanjutnya untuk penyempurnaan SMK3 ini dapat dilakukan pada tahap penilaian terendah dari analisa tersebut yaitu tahap Audit and Review yang meliputi kegiatan pengukuran, pemantauan, pelaporan, audit hingga tinjauan ulang dari manajemen tertinggi perusahaan penyedia jasa.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: SMK3 Konstruksi, Kuisioner, Gap Analysis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item View Item