KONTRIBUSI PRAMUWISATA (TOUR GUIDE) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KAWASAN GUNUNG RINJANI (Kasus Di Pintu Pendakian Sembalun)

HARI, KURNIAWAN (2020) KONTRIBUSI PRAMUWISATA (TOUR GUIDE) DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KAWASAN GUNUNG RINJANI (Kasus Di Pintu Pendakian Sembalun). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
sKRIPSI Hari Kurniawan L1C014014 Kontribusi Pramuwisata (Tour Guide) Dalam Pengembangan Pariwisat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dunia pariwisa tidak lepas dari peran seorang yang berprofesi menjadi pramuwisata (tour guide) Peran dan kontribusi seorang pramuwisata (tour guide) bisa dibilang sangat krusial dalam pengembangan pariwisata terutama di kawasan Gunung Rinjani.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kontribusi dan peran yang dilakukan oleh pramuwisata yang ada di kawasan TNGR.Penelitian ini menggunakan teori Strukturasi dari Anthony Giddens dimana Giddens membagi menjadi dua yakni Agen dan Sruktur.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan unit analisi sadalah seorang pramuwisata (tour guide).Dari analisis data menunjukan berbagai macam bentuk perann dan kontribusi yang umum dilakukan oleh pramuwisata yang ada di kawasan Gunung Rinjani. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk dari peran pramuwisata ini adalah berperan dalam proses promosi wisata khususnya wisata pendakian Gunung Rinjani selanjutnya berkontribusi dalam hal pelestarian lingkungan. Selain itu juga bentuk kontribusi yang diberikan oleh pramuwisata (tour guide) di kawasan Gunung Rinjani berupa meningkatnya pendapatan daerah, lestarinya lingkungan dan kebersihan, meningkatnya ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pramuwisata (tour guide), peranpramuwisata (tour guide), KontribusiPramuwisata (tour guide)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:57
Last Modified: 10 Feb 2021 04:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item