PENGARUH PEMBERIAN RAGI ROTI (Saccharomyces cerevisiae) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP Artemia sp.

MAEDI, MAHDALENA (2021) PENGARUH PEMBERIAN RAGI ROTI (Saccharomyces cerevisiae) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP Artemia sp. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Maedi Mahdalena '' C1K014055'') PENGARUH PEMBERIAN RAGI ROTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Artemia salah satu jenis pakan alami bagi larva ikan yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Permasalahan yang sering dihadapi dalam kultur Artemia sp. yaitu tingginya tingkat kematian yang disebabkan oleh kualitas dan jenis pakan yang diberikan pada saat kultur. Ragi roti merupakan salah satu jenis pakan alternatif bagi Artemia sp. karena penggunaannya relatif mudah dan ketersediaannya yang stabil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ragi roti dengan dosis yang berbeda terhadap kelangsungan hidup Artemia sp. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 29 September s/d 13 Oktober 2020 di Laboratorium Budidaya Perairan, Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 3 ulangan, yaitu perlakuan P1 = tanpa pakan (kontrol); P2 = Ragi roti 7.5mg ; P3 = Ragi roti 15.0 mg; P4 = Ragi roti22 mg; P5 = 30 mg. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA pada taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Parameter yang diamati meliputi Kelangsungan Hidup (SR) dan Kualitas Air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ragi roti memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kelangsungan hidup Artemia sp. Dosis terbaik yaitu pemberian ragi roti 15 mg/l (P3) yang dapat memberikan nilai rata-rata tingkat kelangsungan hidup Artemia sp. yang tertinggi yakni 84%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Artemia sp., Ragi Roti, Kelangsungan Hidup, Dosis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 01:51
Last Modified: 15 Feb 2021 01:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20945

Actions (login required)

View Item View Item