KARAKTERISASI KOMPOSIT POLIMER YANG DIPERKUAT DENGAN SERAT ALAM LOKAL INDONESIA DAN APLIKASINYA SEBAGAI KOMPONEN SANDWICH PANEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN OF EXPERIMENT

WILDAN, HABINATA SHABRI (2021) KARAKTERISASI KOMPOSIT POLIMER YANG DIPERKUAT DENGAN SERAT ALAM LOKAL INDONESIA DAN APLIKASINYA SEBAGAI KOMPONEN SANDWICH PANEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN OF EXPERIMENT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Beberapa penelitian mengenai upaya penggunaan serat lokal Indonesia sebagai penguat polimer telah dilaporkan oleh berbagai pihak. Satu hal yang menarik dari penelitian- penelitian yang dilaporkan tersebut adalah bahwa hasilnya sangat beragam meskipun jenis serat dan polimer yang digunakan sama. Salah satu faktor yang ditengarai sebagai penyebabnya adalah tidak digunakannya teknik eksperimen yang tepat dan analisis hasil penelitian yang bersifat inferensial sehingga kesimpulan yang diambil hanya berdasarkan data deskriptif. Kelemahan dari penggunaan data deskriptif saja dalam pengambilan kesimpulan adalah tidak dipertimbangkannya variabilitas yang ada didalam distribusi data sebagai bahan pertimbangan sehingga kesimpulan yang dihasilkan biasanya agak bias dan kurang obyektif. Selain itu, penelitian-penelitian yang dilaporkan masih dalam tahapan karakterisasi saja, belum menyentuh ranah aplikasi dalam bidang rekayasa teknik sipil. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat signifikansi perbedaan perilaku mekanik komposit berdasarkan kajian secara statistik inferensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang didesain berdasarkan salah satu metode Design of Experiment (DOE) yakni Uji-F atau juga sering disebut sebagai Analysis of Variance. Beberapa poin penting hasil penelitian ini adalah: 1) Jenis dan orientasi serat pada layout komposit mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kuat tarik dan lentur komposit, 2) Hasil analisis statistik menggunakan software Minitab menunjukan bahwa dalam semua uji komparasi yang dilakukan terlihat bahwa nilai P atau P-valuenya lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), dan nilai Fhitung nya lebih besar dari nilai F yang diperoleh dari Tabel Dstribusi F (Ftabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua variable (jenis komposit) yang dibandingkan pada penelitian ini mempunyai perbedaan yang signifikan satu dengan lainnya sehingga layak untuk selanjutnya dianalisis secara deskripstif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: komposit, serat alam, sandwich panel, statistik inferensial, DOE, Anova
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2021 05:01
Last Modified: 15 Feb 2021 05:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/20966

Actions (login required)

View Item View Item