UJI EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora) TERHADAP BAKTERI Vibrio sp. PENYEBAB VIBRIOSIS PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) SECARA IN VITRO

Sari, Hidayati (2020) UJI EKSTRAK DAUN KITOLOD (Isotoma longiflora) TERHADAP BAKTERI Vibrio sp. PENYEBAB VIBRIOSIS PADA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) SECARA IN VITRO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi_sari hidayati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas ekstrak daun kitolod dalam mengendalikan pertumbuhan bakteri Vibrio sp. penyebab penyakit vibriosis pada udang vaname secara in vitro. Pengujian daya hambat dilakukan dengan metode difusi disk, KHM, dan KBM menggunakan 4 variasi konsentrasi yaitu 12,5%, 25%, 50%, dan 100% terhadap 3 jenis bakteri Vibrio sp. yaitu V. harveyi, V. parahaemolyticus, dan V. alginolyticus pada media TCBS (Thiosulfate Citrate Bile Salts Sucrose) dan SWC (Sea Water Complete) yang diinkubasi selama 2x24 jam untuk uji difusi disk dan 1x24 jam untuk uji KHM dan KBM. Digunakan pula antibiotik Rifampicin sebagai kontrol positif, dan aquades sebagai kontrol negatif. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 kali ulangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ekstrak daun kitolod 25%, 50% dan 100% memiliki kemampuan yang sama dalam menghambat pertumbuhan V. alginolyticus. Ekstrak daun kitolod 50% dan 100% memiliki kemampuan yang sama dalam menghambat V. harveyi dan ekstrak daun kitolod 100% memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghambat pertumbuhan V. parahaemolyticus.. Konsentrasi hambat minimum (KHM) ekstrak daun kitolod pada bakteri V. harveyi dan V. parahaemolyticus terjadi pada konsentrasi 12,5% sedangkan pada bakteri V. alginolyticus terjadi pada konsentrasi 25%. Ekstrak daun kitolod mengandung senyawa yang mempunyai aktivitas antibakteri yang bersifat bakteriostatik terhadap bakteri V. harveyi, V. parahaemolyticus dan V. alginolyticus. Hasil karakterisasi dan identifikasi senyawa aktif tersebut adalah asam ftalat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Daun kitolod, bakteriostatik, Vibrio sp.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:07
Last Modified: 16 Feb 2021 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21000

Actions (login required)

View Item View Item