ANALISIS KONTRIBUSI USAHA ANYAMAN KETAK TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA DI DESA BATU MEKAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ariana, Herawati (2021) ANALISIS KONTRIBUSI USAHA ANYAMAN KETAK TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA DI DESA BATU MEKAR, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIANA HERAWATI (C1G016012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui besarnya kontribusi usaha anyaman ketak terhadap pendapatan rumahtangga di desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar. (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi oleh pengrajin anyaman ketak di desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usaha anyaman ketak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu: data primer dan data sekunder.Dari populasi ini akan diambil sampel atau responden sebanyak 30 responden. Jumlah tersebut ditentukan dengan menggunakan teknik Quota Sampling. Selanjutnya pemilihan responden ditentukan secara Accidental Sampling dengan teknik wawancara langsung dengan responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Analisis Biaya dan Pendapatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Kontribusi pendapatan rumahtangga dari usaha anyaman ketak adalah sebesar 65,48% atau Rp. 36.719.116 per tahun terhadap pendapatan rumahtangga. Dimana makna dari angka 65,48% yaitu bahwa pendapatan rumahtangga responden berasal dari usaha anyaman ketak. (2) Adapun faktor pendorong dari usaha anyaman ketak adalah (a) memiliki kemampuan dan keterampilan (b) ketersediaan tenaga kerja (c) selera kosumen (d) kemudahan memasarkan dan (e) jumlah penerimaan yang dihasilkan. Sedangkan faktor penghambat dari anyaman ketak ini adalah (a) kesulitan membagi waktu (b) teknologi (c) bahan baku (d) persaingan (e) permintaan pasar (f) modal dan ketidakstabilan harga. Dari hasil penelitian dan pembahasan serta keadaan nyata yang diperoleh dari lapang dapat disarankan: Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Desa Batu Mekar disarankan kepada para pengrajin agar tetap meningkatkan keterampilan dalam membuat kerajinan anyaman ketak dengan mempelajari teknologi yang sudah berkembang, mengingat pendapatan dari usaha anyaman ketak tersebut sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Anyaman Ketak, Kontribusi, Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2021 01:35
Last Modified: 18 Feb 2021 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item View Item