STRATEGI KOMUNIKASI DPD GOLKAR PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DIDAPIL 1 KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

NOMEIYANTO, HARSAD (2020) STRATEGI KOMUNIKASI DPD GOLKAR PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DIDAPIL 1 KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi Komunikasi DPD Golkar Lombok Barat pada Pemilu Legislatif 2019 Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana starategi DPD Golkar Lombok Barat pada pemilu 2019, Kendala apa yang dihadapi DPD Golkar pada pileg 2019. Adapun tujuan penelitian yang ada pada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh DPD Golkar Lombok Barat pada pileg 2019 dan untuk mengetahui, kendala yang dihadapi pada pileg 2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Pada pileg yang dilakasanakan pada tahun 2019 ini, strategi komunikasi yang dilakukan DPD Golkar Lombok Barat adalah sebagai berikut (a). Kampanye (baik terbuka dan tertutup) ; (b). Pesan yang digunakan cenderung membangun citra caleg, membentuk opini publik, dan mendorong partisipasi politik voter ; (c). Gaya Komunikasi dinamis ; (d). Media yang digunakan media luar ruangan dan media lini bawah ; (e). Target sasaran (komunikan) sebagai basis suara dari basis massa yang gagal dari pencalonan kepala desa dan mendekati pemilih pemula yang baru pertama kali melakukan pemilihan. Dari strategi di atas akhirnya dari 6 caleg dari DPD Golkar Lombok Barat yang mencalonkan diri, DPD Golkar dapat menempatkan 5 calon yang menduduki kursi legislatif dan untuk di dapil 1 Labuapi DPD Golkar Lombok Barat mampu menempatkan satu orang dari dua orang yang bertarung pada pileg tahun 2019. periode masa jabatan 2019-2020. Pada saat melaksanakan kampanye kendala yang dihadapi caleg DPD Golkar adalah sudah terbentuknya opini publik tentang caleg dari partai lain yang sudah terbentuk di dalam sebagian masyarakat yang akan ditargetkan menjadi tempat basis suara yang caleg buat, sehingga pesan politik yang akan disampaikan tidak bisa disampaikan karena masyarakat sudah terbentuk opininya tentang caleg dari partai lain tersebut Berdasarkan hasil peneli tian dan pembahasan bahwa strategi yang digunakan DPD Golkar Lombok Barat pada pileg 2019 adalah kampanye (baik terbuka dan tertutup), Pesan yang digunakan cenderung membangun citra caleg, membentuk opini publik, dan mendorong partisipasi politik voter, gaya Komunikasi dinamis, media yang digunakan media luar ruangan dan media lini bawah, target sasaran (komunikan) sebagai basis suara dari basis massa yang gagal dari pencalonan kepala desa dan mendekati pemilih pemula yang baru pertama kali melakukan pemilihan. Sehingga DPD Golkar Lombok Barat pada pesta demokrasi pemilu 2019 mendapatkan 6.522 suara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Komunikasi, komunikasi politik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:10
Last Modified: 17 Feb 2021 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item