PARTISIPASI KELOMPOK MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN HUTAN MANGROVE DI DESALEMBAR SELATAN KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Eva, Yunara (2021) PARTISIPASI KELOMPOK MASYARAKAT DALAM PELESTARIAN HUTAN MANGROVE DI DESALEMBAR SELATAN KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVA YUNARA C1G016061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui partisipasi kelompok masyarakat dalam pelestarian hutan mangrove di Desa Lembar Selatan; (2) mengidentifikasi kendala- kendala yang dihadapi kelompok masyarakat dalam upaya partisipasi pelestarian hutan mangrove di Desa Lembar Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dianalisis menggunakan analisis skoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Patisipasi kelompok masyarakat di Desa Lembar Selatan dalam pelestarian hutan mangrove berada pada kategori sedang dan tinggi. Kelompok masyarakat yang termasuk kategori tinggi meliputi Kelompok Garam Bangkit Bersama, Kelompok Mangrove Lestari, dan Kelompok Pengolahan Setia Rasa, dengan masing-masing modus skor 33, 34, dan 34. Kelompok masyarakat dengan kategori sedang yaitu Kelompok Terasi Putri Pesisir Mandiri, Kelompok Pade Angen, dan Kelompok Nelayan Beriuk Dayung I dengan modus skor masing-masing yaitu 28, 29, dan 30; (2) Secara umum terdapat 4 (empat) kendala utama yang dihadapi oleh kelompok masyarakat dalam berpartisipasi pada upaya-upaya pelestarian mangrove, yaitu kendala pekerjaan anggota kelompok (76,67%), waktu yang tersedia untuk berpartisipasi (73%), kegiatan kelompok (56,67%), dan kurangnya Sumberdaya manusia (50%). Namun demikian pada beberapa kelompok juga terungkap adanya kendala keterbatasan sumberdaya lahan, modal, dan hasil tanam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Partisipasi, Pelestarian, Mangrove
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:46
Last Modified: 17 Feb 2021 04:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21038

Actions (login required)

View Item View Item