PENGARUH LAMA INKUBASI TERHADAP KOMPOSISI KIMIA CAMPURAN DEDAK, DAUN ECENG GONDOK DAN PROTEIN LIMBAH RPH SETELAH DIFERMENTASI MENGGUNAKAN EM4

BAIQ, RATU YULIA MANTIKA (2021) PENGARUH LAMA INKUBASI TERHADAP KOMPOSISI KIMIA CAMPURAN DEDAK, DAUN ECENG GONDOK DAN PROTEIN LIMBAH RPH SETELAH DIFERMENTASI MENGGUNAKAN EM4. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu fermentasi yang berbeda terhadap komposisi kimia campuran dedak dan daun eceng gondok (DEG) yang difermentasi menggunakan Efektif mikroorganisme (EM4). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020 di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Universitas Mataram. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan yang masing- masing dengan 3 ulangan. Perlakuan terdiri atas P0 (DEG tanpa fermentasi), P1 (DEG difermentasi pada lama waktu 7 hari), P2 (DEG difermentasi pada lama waktu 14 hari), dan P3 (DEG difermentasi pada lama waktu 21 hari). Data dianalisis menggunakan analisis variansi (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda (DUNCAN) apabila terdapat perbedaan yang nyata. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa lama waktu fermentasi yang berbeda dalam campuran dedak dan daun eceng gondok fermentasi memberikan pengaruh yang nyata (p<0,05) terhadap kandungan Bahan Kering, Abu, Bahan Organik, Lemak Kasar, Serat Kasar, Protein Kasar Dan BETN.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Dedak, Daun Eceng Gondok, Fermentasi, Komposisi Kimia.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:39
Last Modified: 02 Mar 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21218

Actions (login required)

View Item View Item