PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK

YULIATI, YULIATI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIATI (E1Q016077)_PENDIDIKAN FISIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektivan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Develpoment (RnD) dengan desain penelitian yang digunakan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate.Produk yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen, dan video pembelajaran. Validitas produk dianalisis dengan skala likert. Kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Selanjutnya efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk mendaparkan nilai uji N-gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat baik. Reliabilitas perangkat pembelajaran di atas 75 % menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Hasil respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran untuk tiga kali pertemuan yaitu 87,7% dengan kriteria sangat praktis. Kemudian hasil N-gain penguasaan konsep 0,63 dan kemampuan berpikir kreatif yaitu 0,68 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif fisika peserta didik valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Inkuiri Terbimbing, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Mar 2021 02:43
Last Modified: 15 Mar 2021 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item