PENGARUH PENAMBAHAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK PADA NUGGET AYAM

ELING, ASTITI (2021) PENGARUH PENAMBAHAN DAUN KELOR (Moringa oleifera L.) TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR AIR DAN NILAI ORGANOLEPTIK PADA NUGGET AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELING ASTITI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun kelor terhadap kadar protein, kadar air dan nilai organoleptic. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) dan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nugget daging ayam. Variable yang diamati terdiri dari kadar protein, kadar air dan nil ai organoleptik. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan penambahan tepung daun kelor (P0: 0%, P1: 7%,P2: 10%, P3: 13%) dan diulang selama 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis (SPSS) kemudian apabila terdapat perbedaan yang nyata maka akan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perlakuan P0, P1, P2penambahan tepung daun kelor dengan konsentrasi berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) sedangkan P3 berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kadar protein. Hasil penelitian kadar air P0 tidak berpengaruh nyata (P<0,05) sedangkan P1, P2, P3(P>0,05) berpengaruh nyata terhadap kadar protein pada nugget daging ayam. Sedangkan produk terbaik dari hasil uji organoleptik adalah nugget ayam dengan tanpa penambahan tepung daun kelor.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Nugget, tepung daun kelor, kadar protein, kadar air dan uji organoleptik.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:49
Last Modified: 22 Mar 2021 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item