EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEMPO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YONIAR, PUSPITA DEWI (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEMPO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Yoniar Puspita Dewi (E1R116041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kempo tahun pelajaran 2020/2021 materi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan 1 kali pertemuan dilaksanakan posttest. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dengan teknik tes dan observasi. Instrument meliputi: tes hasil belajar dan lembar observasi untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dari 18 siswa yang mengikuti posttest, terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 (KKM) atau sebesar 88,89% siswa yang tuntas belajarnya, dan 2 siswa yang memperoleh nilai (KKM) atau sebesar 11,11% siswa tidak tuntas belajarnya. Indikator pembelajaran yang ditetapkan dalam Kompetensi Dasar (KD) dari 5 soal posttest terdapat 4 soal memiliki nilai dan 1 soal . Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 72% dengan kriteria baik, dan observasi aktivitas siswa diperoleh 72% dengan kriteria aktif. Berdasarkan hasil penelitian maka model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: pre-experimental, purposive sampling, posttest, aktivitas guru, aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:59
Last Modified: 25 Mar 2021 03:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21530

Actions (login required)

View Item View Item