KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM SEKARBELA TAHUN AJARAN 2020/2021

EVA, NURDIANA (2021) KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NURUL ISLAM SEKARBELA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eva Nurdiana_E1R016029_P. Mtk_FKIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII MTs Nurul Islam Sekarbela tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kelas sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh 32 siswa yang diambil 25% dari populasi, sampel diambil secara acak 8 siswa dari masing- masing kelas. Sampel yang diperoleh diberikan angket gaya belajar dalam rangka mengklasifikasikan sampel ke dalam kategori gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Adapun sampel yang menjadi subjek wawancara dan subjek yang diberikan soal tes dipilih berdasarkan ketiga kategori gaya belajar tersebut, yaitu diambil secara acak 20% dari sampel masing-masing gaya belajar. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar diketahui melalui analisis terhadap jawaban siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan dan berdasarkan hasil wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dengan gaya belajar visual berada dalam kriteria baik dengan perolehan nilai sebesar 71,70. (2) Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dengan gaya belajar auditorial berada dalam kriteria kurang dengan perolehan nilai sebesar 42,50. (3) Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik berada dalam kriteria kurang dengan perolehan nilai sebesar 42,50. (4) Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Soal Cerita Matematika, Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Apr 2021 00:33
Last Modified: 26 Apr 2021 00:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21662

Actions (login required)

View Item View Item