LITTER SIZE DAN BOBOT BADAN ANAK KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

INNANG, SULISTYA DEWI (2021) LITTER SIZE DAN BOBOT BADAN ANAK KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE) PADA KELOMPOK TANI TERNAK DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INNANG SULISTYA DEWI (B1D016116).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui litter size, dan bobot badan anak kambing PE umur 1 bulan dan 3 bulan yang dipelihara pada kelompok tani ternak Maju Bersatu dan kelompok tani ternak Suke Seneng yang berada di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, untuk mengetahui potensi pengembangannya di masa depan. Penelitian ini dilakukan pada awal bulan Mei sampai awal bulan Juni tahun 2020 dengan menggunakan metode survey, observasi, wawancara dan pengukuran langsung pada ternak kambing PE. Materi yang digunakan adalah 4 ekor induk kambing PE yang telah melahirkan dan 4 ekor anak kambing PE yang diambil dari 4 petani ternak target yang memiliki induk dan anak kambing PE. Variabel yang diamati adalah litter size (jumlah anak perkelahiran) dan menimbang secara langsung bobot badan anak kambing PE sehingga data primer diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan mewawancarai petani ternak target pada kelompok tani ternak Maju Bersatu dan Suke Seneng. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa rata-rata litter size kambing PE di kelompok tani ternak Maju Bersatu dan Suke Seneng yaitu 1,75±0,55 ekor perkelahiran. Rata-rata bobot badan anak kambing PE yang dipelihara di kelompok tani ternak Maju Bersatu dan Suke Seneng adalah untuk anak kambing PE umur 1 bulan yaitu 6 Kg sedangkan untuk anak kambing PE umur 3 bulan sebesar 14 Kg. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata litter size dan bobot badan anak kambing PE pada kelompok tani ternak Maju Bersatu dan Suke Seneng cukup tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kambing PE, Kelompok Tani Ternak, Litter size, Bobot Badan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 May 2021 02:26
Last Modified: 25 May 2021 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item